Implementasi Sumber Cahaya Pada Lampu
Nama Anggota :
-Edcha Syaoqi
-Fahmi Jamaludin M.
-M. Azwar
-M. Fauzan H.
-M. Haris
Pertama, buatlah objek lampu menggunakan cube.
Kemudian, tambahkan objek bohlam pada objek lampu menggunakan UV Sphere
Tambahkan objek lamp bertipe spot dan letakkan didalam lampu.
Atur jangkauan cahaya seperti gambar atau sesuaikan.
Tambahkan objek meja, kemudian letakkan lampu diatasnya.
Tambahkan beberapa objek, kemudian lakukan render.
-Edcha Syaoqi
-Fahmi Jamaludin M.
-M. Azwar
-M. Fauzan H.
-M. Haris
Kita dapat melihat sebuah benda kalau ada cahaya yang datang dari benda itu dan masuk ke mata kita. Benda-benda yang dapat memancarkan cahayanya sendiri disebut sumber cahaya. Contoh sumber cahaya adalah matahari, lampu lilin, nyala api, kunang-kunang, dan lain-lain.
Selain sumber cahaya, kita juga mengenal adanya benda gelap. Benda gelap adalah benda yang tidak dapat memancarkan cahayanya sendiri. Contoh benda gelap adalah meja, kursi, buku, pensil, dan lain-lain. Benda gelap dapat terlihat oleh mata karena benda-benda tersebut memantulkan cahaya yang berasal dari sumber cahaya. Cahaya memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
1. Cahaya merambat menurut garis lurus.
2. Cahaya dapat dibiaskan.
3. Cahaya dapat menembus benda-benda bening.
4. Cahaya dapat dipantulkan.
Pada kesempatan kali ini kami mencoba mengimplementasikan sumber cahaya lampu menggunakan aplikasi blender.
Konsep Pencahayaan :
Three Points Lighting
Ini sudah menjadi rumusan atau formula dasar sebuah pencahayaan dalam produksi video, film, dan foto. Tiga poin penting itu terdiri atas : Key Light, Fill Light, Back Light
- Keylight merupakan sumber pencahayaan paling dominan.
- Biasanya keylight lebih terang dibandingkan dengan fill light.
Dalam desain 3 poin pencahayaan, keylight ditempatkan pada sudut 45 derajat di atas subjek.
FILL LIGHT
Fill Light merupakan pencahayaan pengisi, biasanya digunakan untuk menghilangkan bayangan objek yang disebabkan oleh key light.
Fill Light merupakan pencahayaan pengisi, biasanya digunakan untuk menghilangkan bayangan objek yang disebabkan oleh key light.
- Fill light ditempatkan berseberangan dengan subyek yang mempunyai jarak yang sama dengan keylight.
- Intensitas pencahyaan fill light biasanya setengah dari key light.
BACK LIGHT
Back Light, pencahayaan dari arah belakang objek, berfungsi untuk memberikan dimensi agar subjek tidak “menyatu” dengan latar belakang. Pencahayaan ini diletakkan 45 derajat di belakang subyek.
Back Light, pencahayaan dari arah belakang objek, berfungsi untuk memberikan dimensi agar subjek tidak “menyatu” dengan latar belakang. Pencahayaan ini diletakkan 45 derajat di belakang subyek.
Intensitas pencahyaan backlight sangat tergantung dari pencahayaan key light dan fill light, dan tentu saja tergantung pada subyeknya. Misal backlight untuk orang berambut pirang akan sedikit berbeda dengan pencahayaan untuk orang dengan warna rambut hitam.
Kelompok kami menggunakan konsep key light, yaitu pencahayan langsung ke arah objek.
Sumber Cahaya yang kami gunakan adalah Lampu.
Pilihan Cahaya yang kami gunakan adalah Spot dan Point.
Objek yang ada di sekitar adalah kursi, meja, boneka spongebob, dan buku.
Cara membuat
Kemudian, tambahkan objek bohlam pada objek lampu menggunakan UV Sphere
Tambahkan objek lamp bertipe spot dan letakkan didalam lampu.
Atur jangkauan cahaya seperti gambar atau sesuaikan.
Tambahkan objek meja, kemudian letakkan lampu diatasnya.
Tambahkan beberapa objek, kemudian lakukan render.
Hasilnya adalah seperti ini.
Komentar
Posting Komentar